Rabu, 03 November 2010

Ilmu Sosial Dasar 2


Ilmu Sosial Dasar


Ilmu social dasar adalah pengetahuan tentang masalah2 sosial . Ilmu social dasar bukan gabungan dari beberapa ilmu sosial2 yang digabungkan. Dan ilmu social dasar bukan merupakan disiplin dari ilmu itu sendiri, karena ilmu social dasar tidak mempunyai objek dan metode ilmiah.

• Manusia, Sains, Teknologi, dan Sains

A.    Pengertian

1.      Sains
Sains berasal dari kata scientia yang berarti knowledge (ilmu). Tetapi, tidak semua ilmu itu boleh di anggap sains. Yang di maksud ilmu sains adalah: ilmu yang dapat diuji (hasil dari pengamatan sesungguhnya) kebenarannya dan dikembangkan secara bersistem dengan kaidah-kaidah tertentu berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata sehingga pengetahuan yang dipedomani tersebut boleh dipercayai, melalui eksperimen secara teori.
Sains memberikan penekanan kepada sumbangan pemikiran manusia dalam menguasai ilmu pengetahuan itu, dan ini terdapat dalam seluruh alam semesta. Sains sangat penting untuk perkembangan dan kemajuan kemanusiaan dan teknologi.

2.      Konsep teknologi
Teknologi berasal dari kata techne dan logia. Kata yunani kuno techne berarti seni kerajinan. Dari techne kemudian lahirlah perkataan technikos yang berarti seseorang yang memilik keterampilan tertentu. Dengan berkembangnya keterampilan seseorang yang menjadi semakin tetap karena menunjukkan suatu pola, langkah, dan metode pasti, keterampilan itu lalu manjadi teknik.
Teknologi dianggap sebagai ilmu penerapan ilmu pengetahuan, dalam pengertian bahwa penerapan itu menuju pada perbuatan atau perwujudan sesuatu. Teknologi perlu disertai oleh pengetahuan akan ilmu yang menjadi pasangannya.

Adapun tiga macam teknologi yang sering dikemukakan oleh para ahli, yaitu:
1)      Teknologi modern
2)      Teknologi madya
3)      Teknologi tradisional

3.      Seni
Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan sebagainya), seperti seni tari, lukis, ukir, dan lain-lain.


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mendatangkan kemakmuran materi. Adanya perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi menimbulkan cabang ilmu pengetahuan baru antara lain: teknologi modern, teknologi hutan, teknologi gedung(metalurgi), teknologi transportasi, dan lain-lain.


B.     Manusia sebagai Subjek dan Objek IPTEK
Berkat kemajuan ilmu dan teknologi manusia dapat  menciptakan alat-alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan, sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia berbagai kemudahaan. Hal ini memungkinkan manusia dapat melakukan kegiatan dengan lebih efektif dan efisien. Dengan ilmu  dan teknologi tumbuhlah berbagai industry yang hasilnya dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, antara lain:
1)   Dalam bidang pertanian, peternakan, dan perikanan
2)   Dalam bidang kedokteran dan kesehatan
3)   Dalam bidang telekomunikasi
4)   Dalam bidang pertahanan dan keamanan

C.     Dampak penyalahgunaan IPTEK bagi kehidupan
Permasalahan yang timbul akibat dari adanya kemajuan teknologi adalah adanya dampak-dampak negative yang disebabkan oleh kemajuan teknologi tersebut di antaranya:
1)      Nuklir
2)      Polusi
3)      Klonasi/cloning
4)      Efek rumah kaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar