EKONOMI MAKRO
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Ilmu ekonomi
Mikro adalah cabang dari ilmu Ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga
– harga dan kuantitas faktor input,
barang, dan jasa yang di perjual belikan. Ekonomi mikro meneliti
bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran
dan permintaanatasa barang dan jasa, yang akan menentukan penawaran dan
permintaan barang dan jasa selanjutnya. Individu yang melakukan kombinasi
konsumsi atau produksi secaraoptimal,
bersama – sama individu lainnya di pasar, akan membentuk suatukeseimbangan
dalam skala makro dengan asumsi bahwa semua hal lain tetap sama. Kebalikan dari ekonomi mikro ialah ekonomi makro,
yang membahas aktivitasekonomi secara keseluruhan, terutama mengenai
pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengaruhan, pengangguran,
berbagai kebijaka perekonomian yang berhubungan, serta dampak atas beragam
tindakan pemerintah terhadap hal – hal tersebut.
1.2 Tujuan Penelitian
Salah satu
tujuan ekonomi mikro adalah menganalisa pasar beserta mekanismenyayang
membentuk harga relatif kepada produk dan jasa, dan alokasi dari sumber
terbatasdiantara banyak penggunaan alternatif. Ekonomi mikro menganalisa
kegagalan pasar, yaituketika pasar gagal dalam memproduksi
hasil yang efisien, serta menjelaskan berbagai kondisiteoritis yang membutuhkan
bagi suatu pasar persaingan sempurna. Bidang – bidang penelitianyang terpenting
dalam ekonomi mikro, meliputi pembahasan mengenai keseimbangan umum, keadaan
pasar dalam informasi asimetris, pilihan dalam situasi ketidakpastian, serta
berbagaiaplikasi ekonomi dari teori permainan. Juga mendapat perhatian ialah
pembahasan mengenaielastisitas produksi dalam sistem pasar.
BAB
II
PEMBAHASAN
PENERAPAN EKONOMI MAKRO
Ekonomi mikro
yang diterapkan termasuk area besar belajar, banyak diantaranyamenggambarkan metode dari yang lainnya.
Regulasi dan organisasi industri mempelajaritopik
sperti masuk dan keluar dari firma, inovasi, aturan merek dagang. Hukum dan
Ekonomimenerapkan prinsip ekonomi mikro ke
pemilihan dan penguatan dari berkompetisi denganrezim legal dan efisiensi
relatifnya. Ekonomi perburuhan mempelajari upah, kepegawaian,dan
dinamika pasar buruh. Finansial publik mempelajari rancangan dari pajak
pemerintah dankebijakan pengeluaran dan efek ekonomi dari kebijakan – kebijaka
tersebut.Ekonomi kesehatan mempelajari
organisasi dari sistem kesehatan, termasuk peran dari pegawai
kesahatan dan program asuransi kesehatan. Politik Ekonomi mempelajari peran
dariinstitusi politik dalam menentukan
keluarnya sebuah kebijakan. Ekonomi Kependudukan,yang mempelajari tantangan
yang dihadapi oleh kota – kota, seperti gepeng, polusi air danudara, kemacetan
lalu-lintas, dan kemiskinan, digambarkan dalam geografi kependudukandan
sosiologi. Finansial Ekonomi mempelajari topik seperti struktura dari
portofolio yangoptimal, rasio dari finansial korporat. Bidang Sejarah Ekonomi
mempelajari evolusi dariekonomi dan institusi ekonomi, menggunakan metode dan
teknik dari bidang ekonomi,sejarah, geografi, sosiologi, psikologi dan
ilmu politik.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Jadi Ekonomi mikro yang diterapkan
termasuk area besar belajar, banyak diantaranyamenggambarkan metode dari yang lainnya. Regulasi dan organisasi industri
mempelajaritopik seperti masuk keluar dari firma, inovasi, aturan merek
dagang.Hukum dan Ekonomi menerapkan prinsip
ekonomi mikro ke pemilihan dan penguatan dari berkompetisi dengan
rezim legal dan efisiensi relatifnya. Ekonomi perburuhan mempelajariupah,
kepegawaian, dan dinamika pasar buruh.
SARAN
Berdasarkan pembahasan kesimpulan
diatas, maka penulis memberikan beberapa saranyang
mungkin dapat dipertimbangkan oleh pihak produsen bahwa kepuasan pelanggansangatlah penting, jika kita kehilangan satu
pelanggan saja berarti kita sudah kehilangankepercayaan dari konsumen yang
lainnya karena dari pelanggan dan konsumenlah orangmengetahui produk
tersebut, oleh karena itu berusahalah untuk menerima pengaduan dari katayang
bersifat negatif.
DAFTAR PUSTAKA
R. L. Day (ed.), Costumer Satisfaction,
disatisfaction aand Comlaining Behavior,Bloomington, IN: Indiana University
Press.Greenberg, J. (1982), “Approaching Equity and avoiding inequity in Groups
andOrganization,”J. Greenberg and R. L. Cohen (eds), Equity and justice in
Social Behavior, New York, NY:Springer-Verlag.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar