Minggu, 03 Juni 2012

EKONOMI MAKRO


EKONOMI MAKRO
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Ilmu ekonomi Mikro adalah cabang dari ilmu Ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga – harga dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang di perjual belikan. Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan permintaanatasa barang dan jasa, yang akan menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya. Individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secaraoptimal, bersama – sama individu lainnya di pasar, akan membentuk suatukeseimbangan dalam skala makro dengan asumsi bahwa semua hal lain tetap sama. Kebalikan dari ekonomi mikro ialah ekonomi makro, yang membahas aktivitasekonomi secara keseluruhan, terutama mengenai pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengaruhan, pengangguran, berbagai kebijaka perekonomian yang berhubungan, serta dampak atas beragam tindakan pemerintah terhadap hal – hal tersebut.
1.2  Tujuan Penelitian
Salah satu tujuan ekonomi mikro adalah menganalisa pasar beserta mekanismenyayang membentuk harga relatif kepada produk dan jasa, dan alokasi dari sumber terbatasdiantara banyak penggunaan alternatif. Ekonomi mikro menganalisa kegagalan pasar, yaituketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien, serta menjelaskan berbagai kondisiteoritis yang membutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna. Bidang – bidang penelitianyang terpenting dalam ekonomi mikro, meliputi pembahasan mengenai keseimbangan umum, keadaan pasar dalam informasi asimetris, pilihan dalam situasi ketidakpastian, serta berbagaiaplikasi ekonomi dari teori permainan. Juga mendapat perhatian ialah pembahasan mengenaielastisitas produksi dalam sistem pasar.
BAB II
PEMBAHASAN
PENERAPAN EKONOMI MAKRO
Ekonomi mikro yang diterapkan termasuk area besar belajar, banyak diantaranyamenggambarkan metode dari yang lainnya. Regulasi dan organisasi industri mempelajaritopik sperti masuk dan keluar dari firma, inovasi, aturan merek dagang. Hukum dan Ekonomimenerapkan prinsip ekonomi mikro ke pemilihan dan penguatan dari berkompetisi denganrezim legal dan efisiensi relatifnya. Ekonomi perburuhan mempelajari upah, kepegawaian,dan dinamika pasar buruh. Finansial publik mempelajari rancangan dari pajak pemerintah dankebijakan pengeluaran dan efek ekonomi dari kebijakan – kebijaka tersebut.Ekonomi kesehatan mempelajari organisasi dari sistem kesehatan, termasuk peran dari pegawai kesahatan dan program asuransi kesehatan. Politik Ekonomi mempelajari peran dariinstitusi politik dalam menentukan keluarnya sebuah kebijakan. Ekonomi Kependudukan,yang mempelajari tantangan yang dihadapi oleh kota – kota, seperti gepeng, polusi air danudara, kemacetan lalu-lintas, dan kemiskinan, digambarkan dalam geografi kependudukandan sosiologi. Finansial Ekonomi mempelajari topik seperti struktura dari portofolio yangoptimal, rasio dari finansial korporat. Bidang Sejarah Ekonomi mempelajari evolusi dariekonomi dan institusi ekonomi, menggunakan metode dan teknik dari bidang ekonomi,sejarah, geografi, sosiologi, psikologi dan ilmu politik.

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN
Jadi Ekonomi mikro yang diterapkan termasuk area besar belajar, banyak diantaranyamenggambarkan metode dari yang lainnya. Regulasi dan organisasi industri mempelajaritopik seperti masuk keluar dari firma, inovasi, aturan merek dagang.Hukum dan Ekonomi menerapkan prinsip ekonomi mikro ke pemilihan dan penguatan dari berkompetisi dengan rezim legal dan efisiensi relatifnya. Ekonomi perburuhan mempelajariupah, kepegawaian, dan dinamika pasar buruh.

SARAN
Berdasarkan pembahasan kesimpulan diatas, maka penulis memberikan beberapa saranyang mungkin dapat dipertimbangkan oleh pihak produsen bahwa kepuasan pelanggansangatlah penting, jika kita kehilangan satu pelanggan saja berarti kita sudah kehilangankepercayaan dari konsumen yang lainnya karena dari pelanggan dan konsumenlah orangmengetahui produk tersebut, oleh karena itu berusahalah untuk menerima pengaduan dari katayang bersifat negatif.

 
DAFTAR PUSTAKA
R. L. Day (ed.), Costumer Satisfaction, disatisfaction aand Comlaining Behavior,Bloomington, IN: Indiana University Press.Greenberg, J. (1982), “Approaching Equity and avoiding inequity in Groups andOrganization,”J. Greenberg and R. L. Cohen (eds), Equity and justice in Social Behavior, New York, NY:Springer-Verlag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar